6 Cara Mengubah Konten Instagram Menjadi Luar Biasa

Untuk beberapa tahun terakhir Instragam menjadi salah satu sosial media yang disorot untuk berbagai macam kepentingan dan salah satunya adalah bisnis.

Bagi pelaku bisnis, saat ini memiliki instagram sebagai platform pemasaran baik itu untuk meningkatkan brand awereness ataupun edukasi adalah hal yang wajib.

Karena hampir semua orang mencari sesuatu di intagram bahkan juga berita.

Tapi sekedar mengubah bisnis kedalam bentuk desain visual atau video saja tidak bisa membuat semua hal menjadi menarik, sederhanya saat ini memiliki desain yang bagus saja tidak cukup untuk membuat orang tertarik dengan bisnis kamu.

Hal ini terjadi karena biasanya kurang memaksimalkan fitur-fitur yang sudah disediakan instagram secara gratis.

Ada beberapa fitur dalam instagram yang bisa membuat konten menjadi lebih menarik dan juga bisa mengubah konten menjadi tujuan bisnis. Yuk kita lihat fitur apa sajakah itu.

Ringkas Konten Berformat Panjang di Carousel Instagram

Carousel adalah cara terbaik untuk mengubah konten dari blog, podcast, email, video dan lainnya di Instagram. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan fitur ini tergantung pada tujuan dan niat kamu.

Fitur Carousel bisa bertujuan untuk meringkas sebuah konten asli dengan hanya membuat poin-poin pentingnya saja dan diakhiri dengan CTA untuk menarik interaksi seperti komentar, likes, atau mengujungi sebuah konten.

Ubah Ukuran Video Youtube Untuk IGTV

Meskipun IGTV bukanlah tren baru seperti carousel, tapi masih banyak brand/merek yang ragu untuk terjun kedalamnya, bahkan ketika mereka membuat konten video diplatform lain seperti youtube, facebook, ataupun website mereka.

Tapi di tahun 2021 hal tersebut harus wajib digunakan karena jika tidak tentunya hal ini bisa saja membuang peluang yang ada.

Kini mengubah ukuran video agar sesuai atau ramah dengan IGTV bisa menggunakan software pengeditan sederhana seperti Kapwig. Kamu bahkan bisa menggunakan deskripsi video youtube kamu sebagai keterangan IGTV dan mengunggahnya dari komputer kamu.

Apalagi di tahun 2021 ini, algoritma Instagram lebih suka menampilkan video IGTV kepada para pengguna yang tertarik pada konten-konten video.

Screenshot Tweet Terbaik Kamu

Percaya atau tidak penggunaan twitter juga sangat potensial di tahun 2021 ini, karena memiliki jumlah pengguna yang cukup besar.

Jika kamu belum mengelola atau memiliki akun Twitter bisnis kamu, sesegera mungkin untuk membuatnya dan pertimbangkan juga untuk men-tweet kutipan terbaik untuk bisnis kamu.

Kamu bisa menggunakan desain untuk membuat grafik kutipan yang terlihat elegan seperti halnya desain untuk instagram. Tapi percaya atau tidak, kutipan-kutipan screenshot dari twitter lebih banyak mendapatkan interaksi ketimbang gambar/desain instagram.

Buat Video Teaser & Video Klip

Seperti membuat atau mengubah video youtube kedalam format IGTV, kamu juga dapat membuat video klik atau video teaser untuk mempromosikan bisnis kamu di Instagram.

Selain instagram kamu terlihat lebih berwarna, kamu juga bisa mendapatkan banyak postingan Instagram dari satu video youtube kamu loh.

Seperti memecah poin-poin konten video kamu menjadi satu postingan yang terfokus dari video kamu yang membahas ataupun mengulas sebuah topik bisnis kamu dengan banyak poin-poin inti didalamnya.

Membuat Instagram Stories Dari Konten Kamu

Tips terakhir yang bisa menjadi meta dalam pemasaran ataupun promosi di Instagram tahun 2021 adalah Instagram Stories.

Selain membagikan konten dari platform lain ke feed Instagram kamu, pastikan kamu juga membagikan semua konten tersebut dari feed Instagram sampai ke Instagram Stories kamu.

Pada beberapa faktor, pengguna lebih suka menghabiskan waktu melihat instagram stories daripada harus melihat konten feed instagram.

Terlebih lagi, jika instagram stories yang kamu berikan adalah konten terbaik kamu, kamu bisa menyimpannya sebagai highlight/sorotan cerita sehingga ada dibagian bawah profil kamu sebagai konten yang kamu sorot.

Fitur highlight pada instagram ini bisa kamu maksimalkan untuk membuat sebuah konten atau serial apapun dan juga membuat instagram bisnis kamu terlihat lebih elegan serta lebih profesional.

Fokus dan Mudahkan Instagram

Saat ini konten yang dengan desain dan indah serta aspiratif sudah menjadi keharusan dalam pemasaran ataupun promosi di Instagram, pada tahun 2021 ini mengedepankan hal ini sudah menjadi keharusan setiap pelaku bisnis.

Kamu harus siap berusahan sedikit lebih keras untuk membuat sebuah konten insatgram yang menarik serta identik dengan bisnis kamu.

Karena pada kenyataannya penggunaan Instagram saat ini sudah hampir menjadi kewajiban untuk setiap pengguna smartphone apalagi dalam hal sosial media.

Jadi masuk akal jika kamu harus siap membangun instagram bisnis kamu yang lebih profesional dan serius.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *