Apa Itu Konten Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Apa Itu Konten Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Apa Itu Konten Marketing dan Manfaatnya Untuk Bisnis

Kamu pastinya sering mendengar istilah konten adalah raja, konten berkualitas, konten adalah kunci keberhasilan dan sebagainya.

Dalam bentuk yang berbeda-beda konten bisa berupa artikel, gambar, video, suara, dan sebagainya. Tapi tentu memiliki tujuan yang sama yaitu pemasaran.

Entah bertujuan untuk meningkatkan brand awereness, penjualan, trafik, atau sebagainya tapi tentu tujuan dari konten marketing adalah untuk memperkenalkan bisnis kamu, membangun kepercayaan kepada audiens, dan berinteraksi dengan audiens kamu.

Apa sebenarnya konten marketing itu?

Konten Marketing adalah proses perencanaan, pembuatan, pendistribusian, pembagian, dan penerbitan konten untuk menjangkau audiens target kamu. Ini berutjuan untuk meningkatkan faktor-faktor seperti kesadaran merek, penjualan, jangkauan, interaksi, dan loyalitas.

Jenis Konten Marketing

Ada banyak jenis pemasaran konten yang dapat kamu pilih untuk dimasukkan ke dalam strategi bisnis kamu, berikut adalah beberapa yang paling umum:

  • Konten Marketing Sosial Media
  • Konten Marketing Podcast
  • Konten Marketing Infografis
  • Konten Marketing Blog
  • Konten Marketing Video
  • Konten Marketing Iklan

Contoh Pemasaran Konten

Berikut ini saya berikut ini contoh konten marketing yang bisa membantu kamu untuk cepat memahami jenis-jenis konten marketing yang saya jelaskan diatas.

Contoh Pemasaran Konten Sosial Media

sumber

Brand fashion besar di dunia selalu membuat saya terkagum-kagum tentang konten marketing mereka, bahkan orang dibelakangnya tentu sangat menginspirasi saya. Jika kamu perhatikan konten yang ada pada instagram hermes ini tidak seperti ingin menjual produk, tidak ada satupun konten yang bertujuan untuk menjual produk secara blak-blakan.

Mereka membuat konten modern dengan gaya yang elegan pada setiap konten yang mereka publikasikan, profilnya terasa unik dan memberikan kesan warna-warni yang selarasa. Bahkan tanpa watermark disetiap kontennya.

Contoh Konten Marketing Infografis

sumber

Smart Insight juga membuat infografis yang menurut saya sangat elegan, mudah dibaca, dan teroragnisir dengan baik. Merangkum konten kedalam bentuk infografis adalah teknik konten marketing tingkat lanjut yang tidak pernah ketinggalan jaman dan terus banyak peminatnya. Seperti pada infografis diatas Smart Insight membuat infografis dalam bentuk corong yang sangat seusai dengan tingkat konten didalamnya, dari yang melebar sampai mempersempit ruang lingkupnya.

Contoh Konten Marketing Podcast

sumber

marketingschool.io membuat konten tentang digital marketing yang disajikan dalam bentuk podcast. Kamu bisa belajar tentang digital marketing tanpa harus membaca lagi dan ini cukup membantu kamu yang ingin belajar digital marketing, konten yang disajikan juga ringan dan mudah dipahami. Kamu bisa langsung membayangkan apa yang dijelaskan tanpa harus diberikan contoh visual lagi.

Untuk contoh konten video,blog, dan iklan menurut saya tidak harus lagi saya berikan contoh karena kalian pastinya sudah memahaminya dengan 3 contoh singkat diatas.

Bagaimana konten marketing dapat menguntungkan bisnis saya?

Salah satu alasan beberapa perusahaan atau orang ragu-ragu untuk mengalokasikan sumber daya untuk konten marketing adalah karena sulit untuk benar-benar memahami manfaat pemasaran konten. Membuat orang berpikir/menilai lebih tinggi tentang bisnis kamu memang terdengar bagus, tetapi hasilnya cukup samar. Dalam hal ini, ada baiknya untuk mulai memikirkan berapa banyak manfaat yang dapat dibawa oleh konten marketing. Baik yang berwujud ataupun tidak, berikut contohnya:

Tidak Berwujud

  • Brand Awereness – Bayangkan jika bisnis kamu dibacarakan oleh orang lain tanpa harus lagi kamu memperkenalkan diri, tentunya ini suatu pencapaian tidak berwujud yang sangat membantu bisnis kamu.

Berwujud

  • Traffic Website – Membuat konten yang hebat tentunya akan membawa orang ke website kamu yang tentunya membuat mereka mengetahui bisnis, produk, atau apapun di website kamu.
  • SEO (Search Engine Optimization) – Banyaknya manfaat konten marketing disini tidak bisa lagi terhitung dan pastinya sangat panjang kalau dijelaskan. Rutin update konten tentu saja membuat webiste kamu hidup dan bernilai dimata search engine seperti google.

Sekarang kamu sudah mengerti dan memahami apa itu konten marketing. Sebagai catatan ini hanya gambaran dasar tentang apa itu konten marketing, kamu harus membuat sendiri daftar tentang poin-poin pada panduan di artikel ini dan disesuaikan dengan bisnis/website kamu. Pada bab selanjutnya kita akan membahas tentang manfaat konten marketing lebih dalam lagi.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *