Apa itu SEO?

Jadi apa itu SEO (Search Engine Optimization)? Seperti dari namanya SEO adalah optimasi mesin pencarian. Sederhananya ini adalah praktik untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas trafik website melalui mesin pencarin tanpa berbayar (organik).

Disini saya akan berbagi pengalaman saya mengenai SEO ini, Sejujurnya saja saya tidak ingin membagikan rahasia ini tapi memang tidak ada rahasia dalam SEO. Sebagai catatan bahwa SEO bukanlah trik sukap untuk mempermaikan mesin pencarian.

Mesin pencarian juga berguna sebagai mesin penjawab, betul tidak? Jadi yang kamu butuhkan sebagai dasar adalah pemahaman penuh tentang apa yang akan diinginkan orang saat mereka menelusuri dan mengapa mereka menginginkan atau membutuhkan itu.

Walaupun sederhana, penelusuran organik adalah salah satu pemasaran paling menguntungkan yang pernah ada bahkan sampai saat ini. Jika kamu berinvestasi dalam SEO maka kamu akan mendapatkan keuntungan jangka panjang.

Mengetahui kebutuhkan audiens bisnis/ website kamu berarti kamu sudah memiliki 1 poin dari SEO, sekarang tinggal bagaimana kamu menyampaikannya dengan cara yang dapat ditemukan dan dipahami oleh crawler mesin pencarian untuk poin ke-2. Jadi ikuti panduan ini untuk pelajari cara melakukan keduanya.

Kita akan memperalajari mesin pencarian di BAB 2, jadi sekarang ini kita perdalam terlebih dahulu tentang konsep SEO.

Mengapa SEO Itu Penting?

Sejak adanya mesin pencarian, hampir semua orang melakukan pencarian informasi secara online di mesin pencari seperti google.

Sejujurnya dulu 4-5 tahun lalu, website yang menempati peringkat di posisi pertama sampai ketiga mendapatkan 50% lebih banyak klik secara kumulatif.

Tapi saat ini, data tersebut sudah tidak lagi akurat. Semua website yang muncul di halaman pertama yaitu peringkat 1 – 10 justru bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Tapi pada kenyataannya persaingan dalam mendapatkan 10 besar sangatlah sengit, inilah yang membuat SEO menjadi sangat menguntungkan jika kamu bisa mengerti dan mengaplikasikan SEO sesuai dengan kebutuhan pencari informasi (orang yang melakukan pencarian online)

Terlebih, semua pengunjung yang berasal dari mesin pencarian merupakan orang-orang yang sangat membutuhkan informasi.

Mengapa Harus Peduli Tentang SEO?

Seperti yang saya katakan diatas bahwa pengunjung yang datang dari mesin pencarian merupakan orang-orang yang haus akan informasi.

Bayangkan jika pengunjung ini mendapatkan informasi yang sangat mereka butuhkan di website kamu, ini bisa menjadi prospek menjanjikan untuk bisnis/website kamu. Terhubung dengan orang-orang itu(pengujung) dan membantu menjawab pertanyaan mereka, memecahkan masalah mereka, dan menjadi sumber terpercaya bagi mereka.

Apakah Saya Harus Menyewa Profesional SEO, Konsultan, Atau Agensi?

Semua bergantung pada kamu, kemauan untuk belajar, dan kompleksitas website kamu. Sejujurnya untuk beberapa SEO dasar itu bisa dilakukan sendiri. Atau, bisa juga kamu mungkin menemukan seorang ahli, yah yang manapun sebenernya tidak apa-apa.

Jika pada akhirnya kamu memutuskan untuk menggunakan seorang ahli, sangat penting untuk diketahui bahwa banyak juga agensi/konsultan yang menyediakan jasa SEO dengan kualitas yang sangat bervariasi. Intinya tidak semua hasil bagus atau tidak semua hasilnya jelek dan tidak bisa disamaratakan.

Jadi memilih konsultan/agensi SEO juga jangan asal-asalan, cari tahu terlebih dahulu faktanya, testimoni, portofolio dan sebagainya. Tapi jujur jika kamu dapat menemukan jasa SEO yang benar profesional, tentunya sangat menghemat waktu dan uang kamu.

Apa Yang Harus Saya Pelajari?

Tentunya optimalkan konten kamu dari awal bahkan kalau bisa dari awal bisnis/website kamu berdiri.

SEO adalah proses, bukan tujuan. SEO tidak pernah selesai yang artinya kamu tidak pernah akan selesai mengoptimalkan website/bisnis kamu. Terus ikuti perkembangan algoritma mesin pencari dan trends yang ada. Jadi tanamkan ini mulai sekarang dalam kepala dan diri kamu.

Sederhananya, ini adalah dasar SEO yang harus kamu pelajari:

  • Optimalkan Judul dan Meta deskripsi
  • Gunakan URL yang ramah pencarian (permalink) atau paling tidak mudah dibaca
  • Optimalkan konten video (jika ada)
  • Optimalkan tag header (H1, H2, H3, dan seterusnya)
  • Bangun popularitas, links, dan reputasi
  • Buat dan Optimalkan konten yang relevan dengan topik

Keenam hal ini bisa kamu pelajari dalam bab-bab selanjutnya.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *