Menganalisa Kinerja SEO

menganalisa-menganalisis-kinera-seo-jokisosmed

Dalam digital marketing apapun strategi dan metodenya semua dapat diukur bahkan ada yang mengatakan “Jika kamu dapat mengukur sesuatu, kamu dapat memperbaikinya”. Salah satu aspek paling penting dalam digital marketing adalah pengukuran.

Hal ini sangat penting sekali agar semua kerja keras, usaha, ataupun strategi yang kamu jalani tidak bias atau dapat diukur. Begitu juga dalam SEO, semua bisa diukur. Untuk menjadi spesialis SEO profesional melacak semuanya mulai dari peringkat, konversi, hingga backlink yang hilang haruslah menjadi kewajiban yang dikuasai.

SEO tidak pernah selesai, tidak hanya satu kali saja tapi berkelanjutan. Mengukur setiap pristiwa yang terjadi pada website kamu dan terus memperbaiki serta pengembangan lanjutan sangat penting untuk kesuksesan SEO.

Menetapkan Goals atau Tujuan

Meskipun memiliki banyak sekali tujuan (baik mikro ataupun makro) merupakan hal yang umum, tapi menetapkan tujuan akhir/utama dari website atau bisnis kamu juga sangat penting.

Kenapa? sederhana saja, tanpa goals kamu tidak akan memiliki arah. Tidak pernah merasa puas dan juga tidak pernah menyadari perkembangan yang terjadi dari optimasi atau hal apapun itu.

Satu-satunya cara untuk mengetahui apa tujuan utama dari website kamu adalah memiliki pemahaman yang kuat tentang website/bisnis kamu dan juga kebutuhan apa yang sangat kamu perlukan.

Tips Untuk Menetapkan Goals atau Tujuan

  • Terukur: Jika kamu tidak dapat melacak atau mengukurnya maka kamu tidak akan bisa memperbaikinya
  • Spesifik: Jangan biarkan ambisi buta membuat kamu menginginkan semuanya, buat daftar tujuan kamu. Bisa dimulai dari yang terpenting sampai yang kerang di prioritaskan.
  • Tukar Pikiran: Kamu juga harus bertukar pikiran dengan partner, rekan, ataupun semua orang yang terlibat dalam bisnis kamu atau website kamu. Hal ini bertujuan agar kamu dapat membandingkan dan menemukan tujuan bersama dengan kesepakatan dalam diskusi yang menguntungkan.

Ukur

Setalah kamu menetapkan tujuan utama, evaluasi metrik tambahan mana yang dapat membantu atau mendukung website kamu dalam mencapai sasaran utama kamu.

  • Produk paling laris jelas harus dioptimalkan dan yang kurang laris bisa dikesampingkan
  • Artikel mana yang mendatangkan banyak trafik maka kamu bisa mengembangkan jenis/kategori artikel itu
  • Postingan mana yang mendapatkan banyak keterlibatan pengguna, baik itu likes, share, komentar, dan sebagainya. Kamu bisa mengembangkan jenis konten tersebut.

Gunakan Google Analytics

Kamu harus memahami bagaimana perilaku trafik dari website kamu, darimana itu datang/berasal, keyword apa yang mereka gunakan, demografi trafik, dan sebagainya. Kamu bisa menggunakan bantuan Google Analytics untuk melihat metrik ini.

Google analytics adalah salah satu alat google yang sangat membantu sekali termasuk juga saya. Hingga sampai saat ini saya masih menggunakan google analytics untuk menganalisis/menganalisa perilaku pengunjung di website/bisnis saya.

Mengevaluasi Kesahatan Website dengan Audit SEO Website

Kamu juga wajib untuk memahami aspek-aspek tertentu yang terjadi di website kamu, seperti:

  • Ranking website kamu dalam penelusuran
  • Bagaimana mesin pencari berinteraksi dengan website kamu
  • Bagaimana kinerja yang sudah kamu optimasi
  • Kualitas konten
  • Struktur keseluruhan website kamu

Kamu tentu akan dapat mengungkap dengan lebih baik peluang yang ada dalam website/bisnis kamu. Ada beberapa tools dasar dan gratis yang bisa kamu gunakan untuk memantau kinerja SEO yang sudah kamu lakukan, yaitu

  • Google Search Console – Jika kamu belum mendaftarkan website kamu dan memverifikasi website kamu silahkan daftar sekarang juga. GSC(Google Search Console) penuh dengan laporan yang dapat kamu tindaklanjuti seperti kesalahan website kamu, keterlibatan pengguna, dan sebagainya.
  • Bing Webmaster Tools – Bing juga memiliki fungsi yang mirip dengan GSC, tetapi Bing adalah milik microsoft.
  • Page Speed Insights – Ini juga salah satu alat milik google yang berfungsi untuk melihat kecepatan website kamu dalam mode desktop ataupun mobile dan memberikan tips apa saja yang harus kamu optimasi.
  • Structured Data Testing Tool – Alat ini membantu memvalidasi bahwa website kamu menggunakan schema markup(data terstruktur) dengan benar.
  • Mobile-Friendly Test – Alat ini membantu website mengevaluasi seberapa mudah pengguna/pengujung dapat memuat website kamu di smartphone/mobile.

Itulah beberapa tools gratis yang bisa kamu manfaatkan untuk menganalisis/menganalisa kinerja SEO website kamu. Sebenarnya masih ada beberapa tools lain yang bisa kamu gunakan tapi tentu saja itu berbayar dan saya akan menjelaskannya dilain kesempatan. Tapi untuk dasar saya rasa tools diatas sudah lebih dari cukup.

Selesai

Ini adalah BAB terakhir dalam panduan SEO, yang saya berikan secara singkat, padat, dan jelas. Ini hanya dasar saja yang bisa kamu pelajari untuk kamu tahu betul dasaran dalam SEO.

Selanjutnya kamu harus mengembangkan setiap poin yang sudah kamu pahami dari panduan yang sudah saya berikan ini. Terus melakukan uji coba atau bereksperimen dengan dasaran ini agar kamu berkembang.

SEO adalah pengalaman bukan sesuai yang bisa kamu pelajari dalam semalam saja. Banyak hal yang harus kamu lewati atau pelajari. Semakin banyak kamu melakukan uji coba atau bereksperimen tentu saja pengalamn yang kamu dapat juga meningkat.

Siapkan waktu, uang, tenaga, kerja keras kamu dalam belajar digital marketing. Jangan pernah menyerah dan mencoba adalah keberhasilan dalam digital marketing ataupun dalam bidang apapun.

Untuk kamu yang baru belum mempelajari BAB sebelumnya kamu bisa melihatnya kembali dari awal atau melihat BAB mana yang ingin kamu pelajari.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *