ON-PAGE SEO

Sampai sini berarti kamu sudah memiliki pengatahuan dasar bagaimana target/pangsa pasar kamu mencari. Sekarang saatnya kamu mendalami On-Page SEO.

Apa itu SEO On-Page? Sederhananya ini adalah mengoptimasi website itu sendiri (internal). Optimasi on-page bertujuan untuk memberitahu mesin pencari bahwa website kamu memang sesuai dengan apa yang dicari oleh pengguna/pengunjung serta berkualitas.

Mengapa SEO On-Page itu penting? Mengoptimasi website itu sendiri (internal) sangatlah penting, hal ini bertujuan untuk membantu mesin pencari memahami website kamu dan kontennya, serta mengidentifikasi apakah website kamu relevan/sesuai dengan kueri pencarian.

Bukan hanya SEO On-Page saja yang sangat penting tapi juga ada SEO Off-page (Ini akan dibahas pada BAB selanjutnya).

Elemen penting dalam optimasi On-Page adalah

  1. Konten berkualias
  2. Judul
  3. Heading Tag
  4. Meta Deskripsi
  5. Alt Text-Gambar
  6. Struktur Markup
  7. URL Halaman
  8. Internal Links
  9. Mobile Friendly/Responsive
  10. Loading Speed

Ada beberapa elemen dasar pada SEO On-Page yang kini hilang dan tergantikan dengan elemen baru untuk di optimasi, masih ada beberapa elemen dasar lain yang harus di optimasi tapi yang terpenting adalah 10 poin diatas.

Kita akan membahasnya 1 per 1 jadi siapkan fokus kamu dalam membaca dan pahami setiap maksud, arti, dan tujuannya.

Konten Berkualitas

Konten adalah inti dari SEO On-Page. Ya jelas saja, konten pastinya memegang peranan penting dalam optomasi SEO-Onpage.

Langkah awal untuk membuat konten berkualitas tinggi adalah memilih kata kunci dan topik yang relevan dengan website/bisnis kamu, sudah saya bahas dalam artikel Riset Kata Kunci. Jadi untuk mempersingkat waktu saya anggap kamu sudah membaca dan memahami riset kata kunci.

Selanjutnya adalah bayangkan dan pertimbangkan bagaimana konten kamu akan masuk dalam perjalanan pencarian pengguna/pengunjung. Tentunya ini akan mempengaruhi bagaimana kamu akan menggunakan kata kunci dan kenis konten apa yang akan kamu buat. Jujur saja hasil dari metode ini akan berbeda-beda setiap orang walaupun dengan kata kunci yang sama.

Tahapan Perjalanan Pengguna Jenis Konten Yang Disarankan
Awareness Posting blog, video
Consideration Panduan Pembeli, studi kasus
Decision Demo produk, perbandingan produk atau harga, halaman kontak

Ketiga indikator diatas saya pikir sudah sangat jelas sekali bagaimana kamu harus membuat konten yang reevan/sesuai untuk website ataupun bisnis kamu.

Judul

Penentuan judul sangatlah menentukan keberhasilan konten tersebut, tapi tentu jangan membuat judul yang clickbait. Ini hanya akan menurunkan kualitas dan kepercayaan website kamu. Populer sementara dan menjatuhkan website kamu dalam jangka panjang.

Memasukan kata kunci juga penting sekali dalam pembuatan judul, tidak cukup saja dengan kata kunci tapi kamu harus mengkombinasikannya dengan keinginan pengguna/pengujung.

Jadi judul kamu terlihat menarik tapi tetap relevan dengan konten yang kamu buat.

Heading tag

Saat ini Heading tag sudah masuk dalam kategori SEO On-Page yang sangat perlu diperhatikan. Penggunaan H1, H2, H3 dan seterusnya dalam pembuatan konten juga membantu pengunjung/pembaca.

Mesin pencarian saat ini sangatlah canggih, berbeda sekali dengan 4-5 tahun yang lalu. Saat ini keberadaan heading tag sudahdapat dibedakan oleh mesin pencarian untuk memberdakan bagian mana dari konten kamu yang paling sesuai dan penting, tergantung dari maksud penelusuran pengguna/pengunjung.

Meta Deskripsi

Meta Deskripsi adalah deskripsi pendek yang muncul dibawah judul dalam hasil pencarian. Meskipun ini bukan faktor peringkat resmi untuk mesin pencari , ternyata ini juga dapat mempengaruhi pengunjung/pengguna untuk meng-klik atau tidak konten kamu.

Contoh meta deskripsi dan title pada hasil pencarian google
Contoh meta deskripsi dan title pada hasil pencarian google

Alt Text-Gambar

Alt Text-Gambar seperti melakukan SEO pada gambar kamu. Ini memberitahukan mesin pencari tentang gambar kamu. sama seperti ketika kamu mencari sesuai di google lalu memindahkannya dalam mode penghasilan gambar.

Gambar yang dimuat dalam hasil pencarian bukan serta merta muncul karena judul konten kamu tapi penggunaan alt text pada gambar tersebut.

Yang berarti bahwa pengguna/pengujung bisa saja datang atau menemukan website kamu melalui gambar. Agar kamu bisa mendapatkan pengunjungi melalui pencarian gambar kamu harus memasukan teks alternatif ke gambar yang ada dalam konten kamu.

Struktur Markup

Struktur markup atau data terstruktur dalah proses menandai website kamu dengan kode pada beberapa elemen untuk memudahkan google menemukan dan memahami berbagai elemen konten kamu.

Biar mudah dipahami saya ilustrasikan dengan gambar dibawah ini:

Struktur markup dalah kunci dibalik cuplikan unggulan, ataupun fitur konten lain yang kamu lihat saat mencari sesutu di mesin pencari ataupun sosial media.

URL Halaman

Dari tahun ke tahun url halaman juga masih mendominasi untuk tetap selalu dioptimasi pada SEO On-Page. Jika untuk pngguna hal ini tidak terlalu penting tapi untuk mesin pencari justru hal ini juga menjadi sangat penting.

Karena URL Link ini membantu mesin pencari untuk memahami dan mengkonversi pencarian pengguna/pengunjung dengan keyword yang mereka cari.

Contoh:

Jokisosmed.com/?p=777 (URL ini kurang baik)

Jokisosmed.com/panduan-belajar-digital-marketing (Ini jauh lebih baik)

URL yang bagus dari tahun ketahun tetap sama saja yaitu harus relevan dengan konten kamu bukan hanya dengan judul konten kamu.

Noted: Percayalah hal ini akan sangat membantu kamu dimasa yang akan datang ketika kamu melakukan audit untuk meninjau broken links yang ada di  website kamu.

Internal Links

Internal Links atau tautan internal adalah proses hyperlinks ke halaman lain di website kamu.

Internal links penting untuk SEO On-Page karena internal links dapat mengirim pembaca ke halaman lain di website kamu, membuatnya bisa berlama-lama dan memberi tahu mesin pencari bahwa website kamu berkualitas dan bermanfaat untuk pengguna.

internal-links-jokisosmed

Semakin lama pengujung/pengguna di website kamu, semakin banyak pula waktu yang dimiliki google untuk merayapi dan mengindeks halaman website kamu. Pada akhirnya ini membantu google menyerap lebih banyak informasi tentang website kamu dan berpotensi memberi peringkat lebih tinggi pada hasil mesin pencarian.

Mobile Friendly/Responsive

Seperti yang kita tahu, saat ini semua serba mobile. Melakukan pencarian paling banyak terjadi di smartphone dan ini juga menjadi salah satu indikator penting untuk membuat website kamu menjadi mobile friendly/responsive.

Kamu bisa lengsung menguji webiste kamu di Google’s Mobile-Friendly Test.

Loading Speed

Baik dilihat melalui samrtphone atau desktop, website kamu juga harus memiliki loading speed yang bagus. Ketika berbicara tentang SEO On-Page tentunya loading speed sangatlah penting.

Seperti yang kita ketahui, mesin pencari seperti google sangat mengutamakan pengalaman pengguna yang baik. Jika website kamu lambat ta sulit untuk diakses, maka kemungkinan besar pengunjung kamu tidak akan bertahan dan google pasti tahu itu.

Kamu dapat memeriksa kecepatan website kamu menggunaan alat Google PageSpeed Insights.

 

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *