Sampai saat ini SEO (Search Engine Optimization) selalu menjadi rahasia sukses dibalik sebuah website. Banyak sekali misteri dalam SEO dan teknik serta strategi yang menjadi senjata para pakar SEO.

SEO adalah salah satu pondasi dasar terpenting dalam digital marketing.

Meningkatkan peringkat dan pengunjung website adalah fungsi dari SEO.

Tapi darimana kamu harus mulai belajar SEO? Faktanya banyak sekali diluar sana yang mengulas bahkan memberikan panduan SEO dan berujung dengan kebingungan.

Mempelajari SEO harus benar-benar dari dasar agar memahami fungsi dan kinerjanya. Bukan serta-merta mempelajarinya secara asal-asalan atau yang dibutuhkan saja.

SEO itu ibarat puzzle yang saling berhubungan membuat sebuah skema yang terstruktur, jadi jika kehilangan 1 puzzle saja maka susunan puzzle tidak akan lengkap.

Lalu, dimana saya harus belajar SEO? Ya! kini kamu sudah berada ditempat yang tepat untuk belajar dasar SEO. Materi yang diberikan juga ringan dan mudah untuk dipahami, disusun dalam beberapa bab yang memudahkan kamu untuk mempelajarinya secara struktur, mulai dari:

BAB 1 - Apa itu SEO?

Bab 1 ini akan membahas tentang apa itu SEO, mengapa itu penting, dan apa saja yang harus dipelajari.​

BAB 2 - Cara Kerja Mesin Pencarian

Bab 2 ini akan membahas tentang cara kerja mesin pencarian, apa itu crawl, indeks mesin pencari sampai peringkat mesin pencari.

BAB 3 - Riset Kata Kunci

Bab 3 ini akan membahas tentang riset kata kunci, mulai dari volume pencarian, persaingan, dan juga SERP.

BAB 4 - ON-PAGE SEO

Bab 4 ini akan membahas tentang upaya dan faktor apa saja yang dapat di optimasi dalam website untuk meningkatkan peringkat di SERP.

BAB 5 - SEO Off-Page

Bab 5 ini akan membahas tentang backlinks, dan faktor pendukung untuk meningkatkan popularitas website.

BAB 6 - Menganalisa Kinerja SEO

Bab 6 ini akan membahas tentang cara menganalisa, mengukur, menetapkan tujuan dan juga audit website.