Panduan Lengkap Facebook Ads Untuk Pemula

Salah satu platform sosial media terbesar di dunia saat ini adalah facebook, platform ini memiliki pengguna aktif 1,7 miliar setiap harinya dan  di Indonesia sendiri pengguna facebook sampai 140 juta (data 0ktober 2020). Bisa dilihat dari pengguna aktif sebesar itu tentunya bisa menjadi peluang menjanjikan untuk mempromosikan bisnis.

Apa itu Facebook Ads?

Facebook ads adalah fitur periklanan yang ditawarkan oleh Facebook agar kamu bisa beriklan kepada semua para pengguna facebook. Bukan hanya itu kamu bisa langsung menargetkan iklan kamu berdasarkan minat pengguna, demografis atau lokasi, umur, gender, dan banyak lagi.

Jenis dan Ukuran Facebook Ads

Berikut adalah dasar-dasar ukuran iklan Facebook (dalam piksel):

  • Single image: 1200 x 628px (Min 1080x1080px)
  • Carousel: 1080 x 1080px
  • Slideshow: 1280 x 720px
  • Koleksi: 1080 x 1080px
  • Gambar sampul iklan kanvas: 1200 x 628px

Selain itu, berikut adalah batasan karakter umum pada konten teks kamu:

  • Teks: 90 karakter
  • Judul: 25 karakter
  • Deskripsi: 30 karakter

Jika kamu memilih untuk menggunakan iklan video berikut ini syarat dan ketentuannya:

  • Format: File .MOV atau .MP4
  • Resolusi video: minimum 1280 x 720px (video yang lebih besar harus dalam rasio aspek 16: 9)
  • Gambar sampul: 1200 x 675px
  • Ukuran file: Hingga 4 GB
  • Durasi maksimal: 240 menit (60 detik untuk Instagram)

Cara Membuat Akun Iklan Facebook

Sebelum kamu bisa beriklan di Facebook Ads, kamu harus memiliki halaman facebook terlebih dahulu dan akun manager bisnis facebook. Jika kamu belum memiliki halaman facebook dan akun manager bisnis, tidak perlu khawatir karena kita akan membahasnya juga pada panduan ini.

Cara Membuat Halaman Facebook (Facebook Page)

  • Login ke akun facebook kamu, lalu pilih menu halaman dan buat halaman baru.
  • Sesuaikan halaman dengan bisnis kamu, facebook akan memberikan 2 pilihan disini yaitu Bisnis atau Merek dan Komunitas atau Tokoh Masyarakat
  • Lengkap informasi tentang halaman facebook yang kamu buat ini
  • Selesai

Tips: Tidak ada yang sulit membuat halaman facebook, kamu hanya perlu membaca dan mengikuti instruksi yang diberikan. Karena facebook sudah menyederhanakan sekali setiap langkah-langkahnya dan kamu hanya perlu mengikuti instaruksi tersebut.

Membuat Akun Manager Bisnis Facebook

Sebelum kamu membuat campaign iklan facebook, perama-tama kamu harus sudah memiliki akun manager bisnis facebook. Fungsi dari manager bisnis facebook adalah untuk mengelola, melacak, dan membuat iklan facebook kamu.

Jika kamu belum memilikinya, kamu bisa mengikuti langkah-langkah ini untuk menyiapkannya.

  • Kunjungi business.facebook.com
  • Ikuti instruksi dan langkah-langkah yang sudah diberikan oleh facebook
  • Selesai

Setelah akun manager bisnis kamu siap, kamu harus menghubungkan halaman facebook kamu dengan akun manager bisnis facebook kamu. Kamu juga bisa menambahkan akses pengguna facebook lain untuk membantu aku mengelola manager bisnis facebook ini.

Membuat Iklan Pertama di Facebook

Setelah halaman facebook dan manager bisnis facebook kamu sudah siap, barulah sekarang kamu bisa membuat iklan pertama kamu di facebook.

Masuk ke Pengelola iklan facebook dan pilih tab Kampanye, lalu klik Buat untuk memulai campaign iklan facebook pertama kamu.

Sampai saat panduan ini dibuat, facebook menawatkan 11 tujuan iklan berdasarkan apa yang kamu ingin capai atau tujuan kamu. Berikut ini penjelasan singkat dari 11 tujuan tersebut:

  • Kesadaran merek (Brand awareness) : Perkenalkan merek kamu ke audiens baru.
  • Jangkauan (Reach) : Tampilkan iklan kamu kepada sebanyak mungkin orang di audiens kamu.
  • Lalu lintas (Traffic) : Arahkan lalu lintas ke halaman website bisnis kamu.
  • Keterlibatan (Engagement) : Jangkau audiens yang luas untuk meningkatkan jumlah keterlibatan pos atau likes halaman, meningkatkan kehadiran diacara kamu, atau mendorong orang untuk menerima penawaran khusus.
  • Pemasangan aplikasi (App installs) : Dorong orang untuk memasang aplikasi kamu.
  • Penayangan video (Video views) : Dapatkan lebih banyak orang untuk menonton video kamu.
  • Pembuatan prospek (Lead generation) : Dapatkan prospek baru ke kanal penjualan kamu.
  • Pesan (Messages) : Dorong orang untuk menghubungi bisnis kamu menggunakan Facebook Messenger.
  • Konversi (Conversions) : Dorong orang untuk melakukan tindakan tertentu di situs web kamu (seperti berlanggananatau membeli produk kamu), dengan aplikasi kamu, atau di Facebook Messenger.
  • Penjualan katalog (Catalog sales) : Hubungkan iklan Facebook kamu ke katalog produk untuk menampilkan iklan produk yang kemungkinan besar ingin mereka beli.
  • Lalu lintas toko (Store traffic) : Arahkan pelanggan terdekat ke toko fisik.

Setelah kamu memilih tujuan iklan, kamu dapat memberikan nama untuk kampanye iklan kamu.

Kamu juga dapat memilih untuk melakukan pengujian A/B testing. A/B testing adalah tempat kamu membuat dua iklan berbeda dalam kampanye yang memiliki sedikit perbedaan satu sama lain. Misalnya berbeda desain/foto/gambar.

Facebook kemudian akan membagi anggaran kamu diantara keduanya dan menjalankan kedua iklan tersebut. Facebook akan mengukur iklan mana yang kinerjanya lebih baik. Jika ada pemenang yang jelas sebelum anggaran kamu sepenuhnya digunakan, facebook akan mengalokasikan anggaran iklan yang kinerjanya kurang bagus kepada iklan yang lebih optimal performanya untuk sisa durasi kampanye kamu.

Saat kamu semakin terbiasa dengan iklan Facebook, kamu dapat mulai menggunakan alat ini untuk membantu membuat kampanye yang efektif.
Sekarang setelah kamu memilih tujuan kampanye, tekan Lanjutkan.

Menentukan Anggaran dan Jadwal Iklan

Disini kamu harus menentukan anggaran iklan kamu, bisa anggaran harian atau anggaran sepanjang masa promosi. Dalam menentukan anggaran ini kamu harus bisa menyesuaikannya dengan anggaran dana kamu atau kebutuhan promosi kamu.

Setelah itu atur juga jadwal iklan kamu, kapan kamu akan mulai menampilkan iklan tersebut dan juga bisa membuat tanggal berakhir iklan kamu.

Menentukan Permirsa (Audiens)

Disini adalah bagian yang terpenting, kamu harus bisa menargetkan kepada siapa iklan kamu akan ditampikan. Kamu bisa menentukan audiens atau pemirsa kamu, lokasi, umur, jenis kelamin, bahasa, koneksi, sampai penargetan terperinci.

Jadi disini kamu harus bisa membuat target yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan kamu ataupun bisnis kamu.

Penempatan Iklan

Pada bagian ini kamu bisa menentukan penempatan iklan kamu, ada dua pilihan disini yaitu penempatan oromatis dan penempatan manual. Jika kamu memilih penempatan otomatis maka facebook akan dengan otomatis mengotimasi iklan kamu untuk ditampilkan pada facebook, instagram, messemger, audiens network atau yang lainnya.

Tapi jika kamu memilih penempatan manual, maka jamu akan melihat beberap opsi seperti berikut ini:

  • Jenis perangkat : Seluler, desktop, atau keduanya.
  • Platform : Facebook, Instagram, Audience Network, atau Messenger
  • Penempatan : Feed, Stories, in-stream (untuk video), pesan, dalam artikel, serta aplikasi dan situs (di luar Facebook).
  • Perangkat seluler dan sistem operasi tertentu : iOS, Android atau semua perangkat.

Identitas

Setelah kamu menetapkan audiens, anggaran, jadwal, dan penempatan. Sekarang kamu harus menentukan identitas iklan kamu, inilah mengapa kamu harus memiliki halaman facebook (facebook page). Kamu bisa memilih indentitas iklan dengan halaman facebook kamu serta kamu juga bisa menggunakan akun instagram ketika iklan kamu ditampilkan pada platform instagram.

Identitas akan muncul di iklan kamu seperti nama, foto profile facebook atau instagram yang akan ditampilkan pada postingan iklan tersebut. Biasanya akan diberi label sponsor pada iklan tersebut dalam postingan.

Format, Media, Link, Tesk dan Deskripsi

Pada bagian format ini sudah dijelaskan pada bagian Jenis dan Ukuran Facebook Ads diatas, kamu bisa mengacu pada informasi tersebut untuk menentukan format dan media yang ingin kamu gunakan pada iklan facebook ini.

untuk link atau tautan ini kamu harus memasukan link website bisnis kamu. sama seperti halnya dalam Panduan Google Ads, kamu juga harus menentukan halaman arahan ketika pengguna mengklik iklan kamu.

Langkah Selanjutnya

Setelah kamu menekan tombol Buat iklan. Iklan kamu akan dikirimkan ke facebook untuk ditinjau terlebih dahulu sebelum akhirnya iklan kamu ditampilkan. Segera, setelah disetujui , ikkan kamu akan mulai berjalan dan ditampilkan sesuai dengan ketentuan yang sudah kamu tetapkan kepada audiens di facebook.

Kembali ke dasbor pengelola iklan facebook, disini kamu bisa melihat kinerja iklan kamu. Gunakan informasi ini untuk mengukur kinerja iklan kamu.

Data ini berguna sekali untuk kamu menilai bagaimana prilaku dari kampanye iklan kamu di facebook ads dan juga dari data ini kamu bisa mengembangkan kampanye iklan kamu berikutnya.

Kesimpulan

Selamat! kamu sudah mempelajari dasar dan pengenalan tentang facebook ads. Perlu diingat ini adalah dasar dalam facebook ads yang harus kamu pahami ketika kamu ingin memulai beriklan di facebook. Kamu harus menyesuaikan poin-poin dari panduan ini untuk bisnis kamu.

Panduan ini bukan berarti kamu telah benar-benar setelah mengetahui dan mempelajari facebook ads, masih banyak yang harus kamu pelajari dan kembangkan lagi. Banyak sekali faktor-faktor lain untuk mensukseskan kampanye iklan kamu di facebook dan itu butuh pengalaman dan pendalaman strategi serta taktik lebih lanjut.

Panduan dasar ini sudah lebih dari cukup untuk bekal kamu memulai belajar facebook ads. Terus mencoba dan belajar untuk sukses dalam kampanye iklan bisnis kamu. Lakukan riset terlebih dahulu tentang bisnis kamu untuk disesuaikan dengan audiens kamu di facebook.

Akhir kata, selamat mencoba dan semoga panduan facebook ads ini membantu. 🙂

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *