Panduan Lengkap PPC Yang Wajib Dipahami Oleh Digital Marketing

Panduan Lengkap PPC Yang Wajib Dipahami Oleh Digital Marketing

Panduan Lengkap PPC Yang Wajib Dipahami Oleh Digital Marketing

Menjadi seorang digital marketing juga harus menguasai atau memahami sistem dalam periklanan digital. Dalam periklanan digital ada yang namanya jenis iklan dan penawaran saja serta membayar, tapi juga ada beberapa istilah lain dalam penentuan mengapa kamu harus membayar dengan jumlah tertentu, bagaimana cara menghitung anggaran yang sudah kamu keluarkan dan lainnya.

Dalam panduan ini kita akan mengulas dengan lengkap, istilah dalam periklanan digital yang wajib dipahami oleh seorang digital marketing.

Apa itu PPC (Paid Per Click)

atau dalam bahasa Indonesia bayar per klik? PPC adalah bentuk atau jenis periklanan online, dimana pengiklan harus membayar sejumlah uang dalam jumlah tertentu ketika pengguna berhasil mengklik iklan kamu.

Harga yang harus dibayarkan berbeda-beda, ada beberapa faktor yang menentukan harga yang harus dibayarkan pada setiap klik yang terjadi pada iklan, yaitu:

  • Kata kunci yang ditargetkanKata kunci yang ditargetkan tentu memiliki nilai harga yang berbeda dan juga banyak faktor lain yang membuat harga kata kunci itu bisa bernilai tinggi atau rendah.
  • Penerbit iklan – Siapa penerbit iklan juga berpengaruh terhadap harga yang harus kamu bayarkan, misalnya Google Ads atau Facebook Ads. Walaupun strategi yang diterapkan sama belum tentu hasilnya sama. Karena penerbit iklan memiliki database audiens-nya masing-masing.
  • Jenis penawaran – Jenis penawaran yang kamu tentukan tentu sangat berpengaruh terhadap biaya yang harus kamu bayarkan, sederhanya berbeda penawaran tentu berbeda biayanya.

Jenis Iklan PPC

Search advertising (Iklan Penelusuran) – Jenis periklan ini paling sering ditemukan dan cukup populer digunakan oleh para digital marketing ataupun internet marketer untuk membuat jenis iklan yang muncul pada hasil penelusuran atau Search Engine Result Page (SERP). Iklan ini biasanya akan digabungkan dengan hasil pencarian organik pada halaman hasil pencarian (SERP) dan jenis iklan ini berhubungan erat dengan Search Engine Marketing (SEM).

Materi lengkap untuk memperdalam Search advertising (Iklan Penelusuran) sudah dijelaskan pada artikel Panduan lengkap SEM (Search Engine Marketing)

Display Advertising (Iklan Bergambar) – Jenis periklan ini akan muncul pada website yang sudah bekerja sama dengan penerbit iklan, seperti partner google (publisher google adsense) atau yang lainnya. Untuk menampilkan iklan pada halaman website mereka.

Google Shoping – Jenis iklan ini biasanya akan menampilkan produk dan harga ketika pengguna mencari kata kunci (produk) tertentu dan akan muncul pada halaman hasil pencarian yang biasanya dilabeli dengan tulisan sponsored (iklan).

Remarketing –  Jenis periklanan ini bersifat mengingat pengguna ataupun pengujung, contohnya ketika kamu mengujungi sebuah website yang sedang menjalankan iklan remarketing maka kamu juga menemukan mereka pada website lain dalam bentuk iklan di website tersebut. Jenis periklanan ini memang cukup efektif untuk meningkatkan konversi seperti penjualan karena langsung menargetkan orang-orang yang sudah tertarik atau mengujungi website kamu.

Mengapa Harus Menggunakan Iklan PPC?

Seperti yang kita ketahui saat ini digital marketing sangat berkembang pesat dari tahun-ketahun dan memicu persaingan pasar yang lebih kompetitif. Saat ini kombinasi strategi pemasaran sudah sangat beragam dan bervariasi. Banyak sekali perusahaan, pelaku bisnis, serta individu tertantu menggunakan digital marketing pondasi dalam strateginya.

Ada banyak keuntungan dalam perikalanan PPC ini, antara lain seperti:

  • Hasil Cepat – PPC memungkinan sebuah bisnis menjangkau audiens dengan cepat, karena kamu membayar untuk menampilkan iklan langsung keaudiens yang sudah kamu tetapkan.
  • Traffic Tertarget – Kamu dapat mengarahkan banyak lalu lintas (traffic) ke website binsis kamu dengan menggunakan iklan bertarget
  • Meningkatkan Prospek, Penjualan, dan Pendapatan – Saat kampanye iklan kamu semakin optimal tentunya dapat memperoleh kentungan dari investasi (ROI) yang signifikan dari iklan PPC.

Perlu diingat juga bahwa periklanan PPC bukan cara “instan keberhasilan”, banyak juga orang yang mencoba dan gagal serta tidak sedikit juga yang merugi.

Untuk berhasil dalam periklanan PPC, kamu juga harus mengetahui dasar lain tentang digital marketing seperti, riset kata kunci, konten marketing, SEO(Searh Engine Optimization), dan Search Engine Marketing (SEM). Terus memantau dan bereksperimen dalam emngoptimalkan kampanye iklan kamu untuk hasil yang lebih baik.

Jenis dan Istilah PPC

Setelah kamu mengetahui apa itu PPC dan manfaatnya, kamu harus mengetahui istilah-istilah dan jenis-jenis dalam periklanan digital. Bagaimana kamu menghitung dan mengetahui setiap biaya yang kamu bayarkan atau anggarkan dari kampanye iklan.

Dalam digital marketing tepatnya periklanan digital ada beberapa jenis dan istilah selain PPC/CPC yaitu CPM, CPI, CPA, CPV, CPS, dan CPL

CPC/PPC

Seperti yang sudah dijelaskan diatas CPC (Cost Per Click) atau PPC (Paid Per Click) adalah biaya yang harus dibayarkan untuk setiap klik yang terjadi pada iklan.

CPM

Cost Per Mile (CPM) adalah biaya yang harus dibayarkan untuk setiap 1000 (seribu) tampilan iklan.

CPA

Cost Per Action (CPA) adalah biaya yang harus dibayarkan setiap aksi yang terjadi pada iklan sesuai dengan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh pengiklan.

CPV

Cost Per View (CPV) atau PPV (Paid Per View) adalah biaya yang harus dibayarkan untuk setiap tampilan iklan, biasanya jenis iklan ini berlaku untuk iklan video.

CPS

Cost Per Sales (CPS) atau PPS (Paid Per Sales) adalah biaya yang harus dibayarkan untuk setiap penjualan yang terjadi atau berhasil.

CPL

Cost Per Lead (CPL) adalah jenis iklan ini kurang lebih sama dengan CPA (Cost Per Actions). Dalam jaringan perikalan tertentu, ada yang membedakan antara jenis iklan CPA dan CPL.

Mengapa kamu harus mengetahui jenis dan istilah ini? Karena faktanya saat ini ada beberapa jaringan perikalanan atau penerbit iklan selain Google ataupun Facebook. Berbeda penerbit iklan, maka ada perbedaan juga dalam perhitungan, jenis, dan penawarannya serta syarat dan ketentuan dalam beriklan. Oleh sebab itu kamu juga harus memahami ini.

Beberapa penerbit iklan selain google atau facebook yang cukup populer selain Google Ads atau Facebook Ads, yaitu:

  • LinkedIn Ads
  • Taboola
  • Outbrain
  • Revcontent
  • AdRoll
  • BuySellAds
  • IAB
  • Spotify
  • Dan masih banyak lagi

Ada banyak lagi jaringan periklanan lain yang tersedia dengan beragam layanan dan ketentuan. Tentunya jaringan periklan seperti ini ada, karena dorongan awal dari monetisasi website atau aplikasi selain melalui Google. Pengiklan yang menggunakan jaringan iklan selain Google biasanya menggunakan jaringan iklan ini dengan penawaran fasilitas, fitur dan layanan lain yang tidak ada atau diperbolehan oleh Google.

Tips: Jika bisnis kalian tidak illegal dan memenuhi syarat dan ketentuan pedoman webmaster, saran saya lebih baik kamu menggunakan Google Ads, Facebook/ Instagram Ads saja.

Cara Memulai Iklan PPC

Setelah kamu mengetahui dasar PPC, pastinya kamu bertanya bagaimana cara mememulai menjalan iklan digital. Ada beberapa panduan lengkap yang sudah disediakan untuk kamu memulai periklanan digital, yaitu:

Kamu bisa memilih panduan yang sudah disediakan sesuai dengan kengingan ataupun kebutuhan kamu disini. Bukan hanya panduan iklan saja kamu juga bisa mengikuti panduan lengkap konten marketing untuk bisnis yang juga telah disediakan di JokiSosmed.

Kesimpulan

Dengan mengetahui dasar-dasar mengenai PPC kamu bisa mulai mengkalkulasi anggaran dana yang akan kamu keluarkan untuk kampanye iklan bisnis kamu.

Panduan dasar ini sudah lebih dari cukup untuk para pemula balajar dan memahami sistem dalam perikalanan digital, Metode PPC adalah salah satu dasar yang wajib diketahui dan dipahami oleh seorang digital marketing. Diluar itu, PPC juga merupakan metode periklanan yang efektif untuk sebuah bisnis karena hampir semua orang kini mencari informasi di internet.

Terus belajar dan mencoba serta mencari ilmu baru lainnya dalam mengoptimasi periklanan digital adalah hal yang tidak akan pernah berakhir, jadi semangat terus dan selamat mencoba iklan digital PPC pertama kamu. 🙂

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *