Panduan Mempromosikan Konten Yang Efektif Untuk Bisnis

Saat ini konten yang hebat saja tidak cukup, memang membuat konten yang hebat dan berkualitas merupakan salah satu poin keberhasilan dalam pemasaran online ataupun digital marketing.

Banyak saat ini orang bahkan perusahaan yang gagal dalam pemasaran online padahal memiliki konten yang berkualitas. Faktanya di internet saat ini sudah tidak ada yang tidak bisa dicari, semua sudah tersedia di internet. Meskipun konten kamu hebat, nyatanya masih banyak juga konten berkualitas lain di internet yang menunggu untuk ditemukan sama seperti kamu.

jadi penting juga untuk mempromosikan konten yang sudah kamu buat sampai kamu menemukan audiens. Pada bab ini kita akan berfokus pada promosi konten terbaik untuk bisnis.

Menemukan Audiens

Pada bab sebelumnya kita sudah membahas tentang apa itu konten marketing, manfaat, jenis, sampai strateginya dan pastinya kamu sudah banyak sekali melakukan riset audiens baik pada fase strategi konten maupun ideasi. Disinilah seharusnya semua kerja keras kamu sudah membuahkan hasil. Jika kamu telah merubah penelitian/riset kamu kedalam bentuk konten yang secara tepat sasaran menargetkan audiens khusus yang sudah kamu indentifikasi artinya kamu sudah berada di jalan yang benar.

Ya, benar. Kamu sudah berada dijalan yang benar untuk membangun hubungan dengan audiens itu. Berikut ini teknik yang dapat membantu kamu memperkuat hubungan dengan audiens tersebut.

Influencer marketing

Beberapa pakar digital marketing sampai saat ini masih menganggap bahwa influencer adalah cara terbaik untuk mempromosikan konten ataupun bisnis. Influencer adalah orang-orang yang telah memiliki banyak pengikut/penonton dan memiliki megafon besar untuk menjangkau orang-orang tersebut. Mempromosikan bisnis menggunakan influencer sampai saat ini masih menjadi cara terbaik untuk membangun audiens bisnis dan brand awereness.

Contoh pemasaran influcencer adalah endorsement terhadap bisnis ataupun produk kamu. Biasanya bisa menggunakan jasa selebgram, youtuber, public figure.

Iklan Berbayar

Dari jaman kapanpun cara terbaik untuk mempromosikan konten tentunya dengan beriklan, kamu bisa langsung mendapatkan hasil instan dan audiens yang kamu targetkan. Ada bebrapa strategi dalam beriklan, bisa dapat bentuk pencarian berbayar, iklan bergambar, video, konten artikel dan sebagainya.

Tapi untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari iklan berbayar tentunya banyak sekali yang harus dilakukan, seperti mengalokasikan budget, riset konten, media gambar, dan tentunya data audiens. Tanpa strategi yang tepat sasaran, iklan kamu hanya akan membuang-buang uang saja. Tapi jika kamu ingin memiliki uang lebih dan ingin mendapatkan data audiens yang cocok untuk bisnis kamu dengan cepat, tidak ada salahnya dicoba.

Tapi bagaimana jika budget/modal yang kamu miliki terbatas?

Tenang saja, kita akan membahas strategi lain dalam promosi konten menggunakan beberapa platform gratis yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan konten ataupun bisnis kamu. apa saja platform tersebut?

Sosial Media

Ya dari jaman kejaman sosial media sudah menjadi keharusan dalam promosi konten, bisnis, produk atau yang lainnya. Banyak sekali keuntungan bisa kamu dapatkan menggunakan sosial media dan saya sudah menjelaskannya pada artikel sosial media marketing. Kamu bisa melihat keuntungan apa saja dan bagaimana melakukan sosial media marketing sampai platformnya.

Baca disini: Panduan Sosial Media Marketing Lengkap Dengan Strateginya

Email

Mempromosikan konten dengan email memang cara lama tapi masih bagus dan efektif untuk bisnis. Selain menjalin hubungan dengan audiens, email juga sangat bagus untuk membangun brand bisnis.

Menurut data dari searchenginejournal klik yang dihasilkan dari email jauh lebih besar daripapda CTR pada postingan sosial media.

Kamu bisa menggunakan layanan otomatis menggunakan RSS feed seperti menggunakan Zapier atau IFTTT.  Platform ini menurut saya sendiri paling berguna dan banyak sekali digunakan oleh para internet marketer dan memang sebenarnya masih banyak platform lain yang bisa digunakan tergantung dari topik dan konten bisnis kamu.

Komunitas

Baik bisnis offline maupun online, komunitas selalu menjadi cara terbaik untuk berpromosi dan bersosialisasi untuk memperkenalkan produk ataupun berhubungan dengan audiens bisnis. Untuk online sendiri komunitas bisa dapat berupa forum, secara teknis memang banyak indikator yang harus dinilai untuk menemukan forum yang bagus.

Tapi faktanya kegunaan forum sangat membantu sekali untuk menjangkau audiens bisnis, menurut saya sendiri ada beberapa platform yang cukup bagus untuk mempromoskan bisnis atau menjelaskan bisnis kamu. Contohnya adalah Quora 

Kamu bisa mencari pertanyaan yang berhubungan dengan bisnis kamu disana dan membantu pertanyaan mereka dengan memberikan jawaban yang relevan dengan bisnis kamu.

Jujur saja cara ini juga bagus dalam SEO Off-page yang sudah saya jelaskan pada panduan SEO. Kamu bisa langsung membaca lengkapnya di Panduan SEO Off-Page

Kesimpulan

Dalam mempromosikan konten tentunya panduan ini sudah sangat jelas, sekarang saatnya kamu membuat sendiri poin-poin penting cara atau strategi promosi apa yang ingin kamu aplikasikan kedalam bisnis kamu. Sesuaikan juga platform dengan jenis konten yang ingin kamu promosikan, relevansi konten promosi sangat berpengaruh terhadap hasil dari promosi yang kamu lakukan.

 

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *