Panduan Sosial Media Marketing Lengkap Dengan Strateginya

Saat ini kebutuhan akan sosial media sudah menjadi bagian dari keseharian. Sedikit-dikit buka sosial media, entah instagram, facebook, twitter, atau yang lainnya. Entah apa yang yang dilakukan tapi kebiasaan membuka sosial media saat ini sudah mendarah daging dan menjadi kebiasaan.

Dari kebiasaan ini bisa dilihat bahwa potensi bisnis menggunakan sosial media sangat besar sekali, mengingat banyak sekali pengguna sosial media saat ini.

Dalam panduan ini kita akan membahas tentang:

  • Mengapa sosial media marketing begitu penting?
  • Mengapa kamu harus menghabiskan waktu membuat akun sosial media untuk bisnis
  • Bagaimana membangun strategi sosial media marketing yang berhasil untuk bisnis

Tapi sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya kamu mengenal terlebih dahulu;

Apa itu Sosial Media Marketing?

Sederhananya adalah memanfaatkan platform sosial media untuk mempromosikan bisnis ataupun produk kamu. Tapi secara mendalam artinya adalah bertemu dengan target audiens ataupun pelanggan/calon pelanggan untuk terhubung dengan kamu dalam membangun merek/brand, meningkatkan penjualan, dan keterlibatan mereka dengan konten bisnis kamu di sosial media.

Walaupun terlihat sederhana, pemasaran menggunakan sosial media tentu harus didukung dengan konten yang hebat dan unik untuk menarik para calon pelanggan. Serta konten juga harus disesuaikan dengan platform tertentu seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lainnya.

Sebelum kita membahasnya lebih dalam lagi, berikut ini segmentasi strategi sosial media marketing berdasarkan platformnya:

Facebook

  • Pengguna : 1,79 miliar pengguna aktif harian di seluruh dunia
  • Potensi industri : B2C
  • Pentensial Untuk: Kesadaran merek, periklanan

Twitter

  • Pengguna : 186 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia
  • Potensi industri : B2B dan B2C
  • Terbaik untuk : Hubungan masyarakat, pelayanan pelanggan

Instagram

  • Pengguna : 1 miliar pengguna aktif bulanan
  • Potensi industri : B2C
  • Paling baik untuk : Media natural, behind-the-scenes, dan konten untuk pengguna, periklanan

LinkedIn

  • Pengguna : 675 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia
  • Potensi industri : B2B
  • Terbaik untuk : hubungan B2B, pengembangan bisnis, dan personal branding

YouTube

  • Pengguna : Lebih dari 2 miliar pengguna bulanan yang masuk di seluruh dunia
  • Potensi industri : B2C
  • Terbaik untuk : Kesadaran merek, hiburan, dan video tutorial/edukasi

Snapchat

  • Pengguna : 249 juta pengguna aktif harian di seluruh dunia
  • Potensi industri : B2C
  • Terbaik untuk : Kesadaran merek, periklanan

Pinterest

  • Pengguna : 416 juta pengguna aktif bulanan di seluruh dunia
  • Potensi industri : B2C
  • Terbaik untuk : Inspirasi

Manfaat Sosial Media Marketing

Ada beragam alasan mengapa pemasaran menggunakan sosial media itu begitu penting, tapi menurut saya 4 poin ini paling menguntungkan dan layak dipertimbangkan:

Brand Awareness

Tidak perlu melihat data pengguna sosial media lagi pastinya kamu menyadari bahwa pengguna sosial media saat ini sangat besar sekali, baik di dunia maupun di Indonesia sendiri. Melihat banyaknya pengguna ini tentu saja peluang untuk memperkenalkan bisnis/website kamu menggunakan sosial media berpotensi meningkatkan brand awereness.

Salah satu fakta kamu dapat meningkatkan brand awereness bisnis adalah dengan keterlibatan pengguna sosial media dengan konten kamu, seperti memberikan likes, follow, berkomentar atau apapun tindakan yang mereka lakukan dengan konten kamu.

Prospek dan Konversi

Berbagi konten dan promosi di sosial media adalah cara paling sederhana untuk mendapatkan prospek, meningkatkan konversi, dan meningaktkan penjualan karena kamu sudah jelas membagikan konten kepada para Followers kamu.

Berikut cara sederhana untuk mendapatkan prospek ataupun konversi menggunakan sosial media

  • Membuat Kontes
  • Tautkan link website/bisnis kamu di profile sosial media
  • Buat siaran langsung
  • Beriklan

Membina Hubungan Dengan Pelanggan/Followers

Dengan terhubung dengan audiens ataupun followers kamu, tentunya kamu dapat membangun hubungan yang langgeng antara mereka dengan bisnis kamu. Cara paling sederhanya adalah berinteraksi dengan mereka di postingan kamu, seperti membalas komentar mereka ataupun memberikan likes pada komentar mereka.

Kamu juga bisa memberikan pertanyaan pada mereka, seperti meminta kritik dan saran, atau membuat giveaway untuk meningkatkan kepercayaan mereka terhadap bisnis kamu.

Belajar Dari Kompetitor

Saat ini hampir semua bisnis sudah memiliki pesaing dan hal ini juga berlaku di sosial media. Kamu bisa mengawasi kompetitor kamu di sosial media, apa strategi mereka, produk yang di promosikan, intensitas mereka dengan followers-nya dan sebagainya.

Kamu bisa belajar dari kompetitor apa yang berhasil dan tidak dari kompetitor kamu. Memutuskan apa yang harus kamu ubah atau lakukan dan mana yang tidak boleh untuk kamu ubah lagi atau lakukan.

Strategi Sosial Media Marketing

Baik dalam bidang apapun termasuk bisnis, harus ada strategi untuk mencapai taget atau tujuan kamu. Berikut ini langkah-langkah yang harus dilakukan;

Riset

Langkah pertama adalah riset, kamu harus menentukan siapa audiens kamu sehingga kamu dapat menargetkan kebutuhan dan minat mereka dengan tepat. Untuk melakukan ini, kamu harus berpikir tentang audiens kamu. Memposisikan diri sebagai mereka dan tentukan mengapa mereka menyukai dan membutuhkan hal tersebut.

Contoh: Kamu menjual jaket jeans yang sedang trends saat ini, berarti kamu harus mengklasifikasikan target audiens kamu sebagai milenial yang suka menggunakan pakaian trendy dan staylish.

Dengan melakukan riset. kamu dapat menentukan konten yang yang menarik untuk audiens/followers kamu, jenis atau pelanggan apa yang ingin kamu dapatkan serta bagaimana membuat konten yang menarik untuk audiens/target bisnis kamu.

Tentukan Platform Sosial Media

Dalam sosial media marketing kamu harus menentukan platform sosial media mana yang akan digunakan untuk berbagi konten. Tidak ada jawaban salah atau benar disini, kamu yang mengetahui bisnis kamu sendiri.

Dari panduan yang sudah dijelaskan diartikel ini, saya yakin pastinya kamu sudah mendapatkan gambar paltform sosial media mana yang ingin kamu gunakan.

Konten Unik dan Menarik

Kunci keberhasilan dalam sosial media marketing adalah konten unik dan menarik. Tips untuk membuat kamu kreatif dalam membuat konten unik dan menarik adalah dengan melihat konten yang dibagikan kompetitor/pesaing kamu dan bagaimana kamu dapat mempromosikan bisnis kamu secara unik.

Terus ikuti perkembangan yang ada, jangan pernah menutup diri untuk mencoba sesuatu yang baru apalagi dalam sosial media marketing. Kamu juga bisa menggunakan fasilitas yang ada di platform sosial media tersebut, misalnya untuk siaran langsung(live) di instagram yang bisa kamu manfaatkan untuk promosi bisnis kamu seperti memberikan diskon ataupun melakukan giveaway.

Jadwalkan Postingan

Seperti yang kita ketahui bahwa intensitas publikasi konten juga mempengaruhi sebuah bisnis di sosial media, rutin memposting konten baru atau menjadwalkan konten baru harus konsisten dilakukan. Hal ini dilakukan agar followers kamu terus mengikuti perkembangan bisnis kamu dan tentunya mendapatkan lebih banyak followers. Semakin banyak followers semakin besar juga potensi prospek baru didapatkan dan meningkatkan konversi penjualan.

Analisis Hasil Sosial Media Marketing

Salah satu aspek terpenting dalam sosial media marketing adalah memastikan bahwa usaha yang kamu lakukan berhasil dalam mencapai tujuan atau goals bisnis. Untuk memastikan ini, kamu harus bisa melacak semua postingan konten kamu. Kamu bisa melakukan ini dengan meninjau dan mengelolanya di metrik sosial media.

Metrik sosial media adalah data yang terkait dengan keberhasilan postingan kamu dan dampaknya terhadao audiens dan pelanggan kamu di berbagai platform. Data ini dapat mencakup keterlibatan pelanggan kamu seperti engagement, likes, share, follow, dan sebagainya.

Berikut ini 10 metrik terpenting yang kamu bisa kamu lacak:

  1. Engagement – ini termasuk klik, komentar, suka, dan balasan komentar pada postingan sosial media kamu. Ada juga jenis interaksi khusus di platform sosial media seperti “Saved” pada Instagram dan “Pinned” pada Pinterest.
  2. Reach (Jangkauan) – Jumlah orang yang telah melihat konten kamu baik pengikut(followers) ataupun yang bukan.
  3. Followers (Pengikut) – Jumlah orang yang sudah meng-klik tombol ikuti di profil sosial media kamu yang ditampilkan pada bagian profil kamu sebagai Followers (Pengikut).
  4. Impressions (Tayangan) – Berapa kali postingan kamu dilihat oleh orang lain baik followers kamu atau bukan bahkan mereka meng-kliknya atau tidak. Intinya adalah postingan kamu dilihat oleh orang lain.
  5. Video views (Penayangan Video) – Di Facebook, Snapchat, Instagram, atau saluran sosial lainnya ada fasilitas untuk memposting video, dan ketika konten video kamu ditonton orang lain maka views atau tayangan akan bertambah.
  6. Profile visits (Kunjungan Profil) – Jumlah orang yang sudah membuka halaman sosial media kamu dan melihat keseluruhan profil kamu.
  7. Mentions (Sebutan) – ini adalah frekuensi profile kamu disebutkan oleh orang lain atau adiens kamu di postingan mereka. Biasa dalam instagram adalah dengan menggunakan @ dan dilanjutkan dengan username kamu.
  8. Tag – ini adalah saat audiens kamu menambahkan nama profile kamu atau hastag yang merek/brand kamu pada postingan mereka atau orang lain.
  9. Repost – Saat audiens atau followers kamu memposting ulang konten kamu di profil mereka.
  10. Share (Berbagi) – Ini adalah ketika postingan konten kamu disebar luaskan lagi oleh pengikut atau audiens kamu di jaringan sosial media mereka.

Kamu dapat mempengaruhi semua metrik ini, meningkatkan pengikut (followers) kamu, dan meningkatkan keterlibatan audiens kamu dengan menggunakan strategi yang sama dengan Strategi Sosial Media Marketing yang sudah dijelaskan diatas.

Kesimpulan

Mengingat ada miliaran orang di sosial media saat ini, mudah untuk melihat mengapa begitu banyak bisnis menggunakan sosial media untuk mempromosikan produk atau bisnis mereka dan terlibat dengan audiens atau followers-nya.

Sangat besar potensi bisnis untuk meningkatkan konversi ataupun brand awereness bisnis kamu dengan sosial media. Mungkin memang capek untuk mengurus sosial media mulai dari ide konten, konsep, penjadwalan, dan sebagainya. Tapi percayalah bahwa peluang bisnis sangat begitu besar menggunakan sosial media. Tidak ada yang mudah saat ini, dan ada yang harus dibayar untuk mencapai tujuan atau mimpi kamu.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *