Pentingnya Membuat Strategi Konten Marketing

Pada bab sebelumnya kita sudah mempelajari tentang jenis, manfaat dan apa itu konten marketing. Sekarang kita akan memperdalam tentang strategi konten marketing.

Banyak artikel yang sudah membahas tentang strategi konten marketing ini bertebaran di mesin pencarian, setelah saya pelajari ternyata ada beberapa informasi yang kurang dan cukup fatal jika ditelan mentah-mentah informasi tersebut.

Strategi konten dan konten marketing jelaskan 2 hal yang berbeda, berikut ini saya berikan contoh ilustrasinya.

Sederhanya seperti ini:

  • Strategi konten berkaitan dengan visi
  • Konten Marketing berkaitan dengan taktik dan eksekusi

Tentukan Visi Strategi Konten Marketing

Strategi konten marketing ibarat sebuah gps/petunjuk jalan ketika beberapa pertanyaan muncul seperti “apa yang kita lakukan?” atau “mengapa melakukan ini?”.

Tips membuat strategi konten marketing bisa dimulai dengan menetapkan visi pada bisnis kamu, kenapa harus visi dan bukan misi(cara/strategi)? karena dalam digital marketing arus perkembangan selalu berubah dengan sangat cepat. Pergantian trend dan kemajuan teknologi dalam kurun waktu 1 tahun saja sudah sangat cepat.

Jadi jika menetapkan strategi dalam tujuan konten marketing maka dipastikan kamu akan kebingungan dan selalu berubah-ubah tanpa kepastian serta berakhir dalam jalan ditempat. Strategi bisa berubah mengikuti perkembangan jaman tapi visi haruslah permanen dan tidak berubah.

Dengan menetapkan tujuan strategi konten marketing kamu dalam visi maka kini kamu sudah memiliki pondasi  yang kuat dan arah yang jelas terhadap bisnis kamu.

 

Tentukan Audiens

Langkah berikutnya dalam mengembangkan strategi konten marketing adalah mencari tahu siapa target dari bisnis kamu. Pastikan kamu mengetahui audiens kamu dengan mencakup hal-hal berikut ini:

  • Info demografis (usia, jenis kelamin, lokasi,dan sebagainya)
  • Platform apa yang sering digunakan, contoh: instagram, facebook, twitter, youtube atau yang lainnya
  • Apa yang sebenarnya mereka butuhkan
  • Siapa influencer mereka

Tentukan Jenis Konten

Jenis konten juga sangat mempengaruhi keberhasilan dalam konten marketing, pada bab sebelumnya saya sudah menjelaskan jenis konten marketing. Setelah kamu mengetahui audiens kamu sekarang kamu harus mengetahui jenis konten apa yang mereka sukai dan sering mereka lihat atau dengarkan.

Audit Konten

Selanjutnya adalah langkah terpenting dalam membuat strategi konten marketing adalah audit konten. Kamu bisa melakukan audit konten secara berkala seperti mingguan atau bulanan dan sesuaikan dengan bisnis yang kamu jalani.

Lihat semua konten yang sudah kamu publikasikan baik itu artikel, gambar, video, produk atau sebagainya. Sekarang ukur konten mana yang mendapatkan banyak tanggapan, tampilan(views), likes, atau sebagainya. Hal ini dilakukan agar kamu mengetahui potensi tertinggi dari bisnis kamu dan menerapkan konten yang efektif untuk mereka atau audiens kamu.

Kesimpulan

Mengapa strategi konten marketing sangat singkat sekali saya bahas? Karena ini adalah yang terpenting, dasar dari pondasi strategi konten marketing itu sendiri. Kamu harus bisa menyesuaikan poin-poin strategi ini kedalam bisnis kamu sendiri.

Menetapkan visi dalam strategi akan membuat kamu lebih jelas mengejar tujuan dari bisnis kamu ketimbang harus berkutat membahas misi (strategi atau cara mencapai visi) karena diera saat ini seperti yang saya jelaskan diatas, artus perkembangan digital begitu cepat.

Perubahan algoritma mesin pencari, gaya konten, platform dan lainnya begitu cepat berubah. Dengan memperkuat visi dalam strategi konten marketing, kamu bisa terus mengikuti perkembangan jaman tanpa harus mengubah visi. Sederhanya adalah apapun strateginya yang penting visi dapat tercapai, karena itulah yang terpenting.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *