Riset Kata Kunci

Pada BAB 2 kamu sudah mempelajari Cara Kerja Mesin Pencarian, jika kamu belum mempelajarinya silahkan kembali ke BAB 2 karena pada artikel ini banyak dasar dari BAB 2 yang akan digunakan disini.

Langkah pertama dalam pengotimalan mesin pencarian adalah riset kata kunci. iya benar! Tanpa adanya riset kata kunci yang benar maka kamu tidak akan mendapatkan hasil.

Kelihatnya sederhana sekalikan? apa susahnya kalau dipikir-pikir untuk menentukan kata kunci. Tapi pada kenyataanya tidak sesederhana itu. Ada beberapa faktor utama yang harus dipertimbangkan saat menentukan kata kunci yang ingin kamu targetkan.

Gambar diatas saya ambil sebagai contoh saja.
  • Valume Pencarian – dari gambar diatas dapat dilihat pada bagian Avg. Monthly Searches. Ini adalah faktor utama yang harus dipertimbangkan sebagai acuan sebarapa banyak orang yang benar-benar mencari kata kunci tertentu dalam contoh ini “digital marketing”. Semakin besar orang yang menelusuri kata kunci tersebut, semakin besar pula permirsa yang bisa kamu dapatkan atau jangkau. Sebaliknya, jika tidak ada yang mencari kaya kunci tersebut, tidak ada audiens/pemirsa yang tersedia untuk menemukan konten kamu melalui pencarian.
  • Persaingan – dari gambar diatas dapat dilihat pada bagian Competition. Seperti halnya peluang bisnis lainnya, dalam SEO kamu ingin juga mempertimbangkan biaya potensial dan kemungkinan keberhasilan. Nah, kalau dalam SEO ini berarti memahami persanginan relatif dan kemungkinan peringkat untuk istilah tertentu. Dalam contoh ini saya menggunkan Google Keyword Planner yang penyajian Competition-nya menggunakan tulisan (High, Medium, Low). Singkatnya, semakin tinggi persaingannya berarti semakin sulit juga untuk kamu mendapatkan posisi pencarian di SERP.

Untuk tingkat lanjut masih ada beberapa indikator lain yang harus dipertimbangkan dalam melakukan riset kata kunci tapi pada tahap dasar 2 hal tersebut sudah lebih dari cukup untuk kamu menentukan kata kunci.

Kata Kunci Adalah Tentang Maksud Pengguna

Pada BAB 2, kita sudah mempelajari tentang fitur SERP, latar belakang itu akan membantu kamu memahami bagaimana mesin pencari menggunakan kata kunci untuk memberikan informasi kepada pengguna.

Menentukan kata kunci sebenarnya adalah tentang maksud dari pengguna atau pengujung website bukan hanya sekedar untuk membuat artikel/informasi/konten. Banyak sekali metode yang bertebaran diluar sana dalam menentukan riset kata kunci seperti LSI(Sinonim), Search Intent, dan lain sebagainya.

Kamu bebas untuk mengetahui ataupun mempelajarinya tetapi yang terpenting adalah dasarnya atau pondasinya. Tanpa dasar yang kurang, percayalah semua akan sia-sia dan membuat kepala kamu pusing dikemudian hari.

Kesimpulan

Kenapa artikel ini pendek? karena sepengalaman saya sampai saat ini tidak ada yang harus dipersulit dalam riset kata kunci, intinya adalah merubah kata kunci menjadi kebutuhan pengguna bukan semata-mata untuk membuat artikel/konten dengan maksud mendapatkan banyak pengujung saja.

Saya ringkas menjadi 3 kesimpulan yang sangat penting dalam riset kata kunci

  1. Strategi Kata Kunci Bukan Tentang Sinonim – Strategi kata kunci yang tepat didasarkan pada topik(niche) kamu, untuk membantu mengembangkan website kamu menjadi lebih dapat dipercaya oleh pengguna.
  2. Indentifikasi Pengguna dan Maksud Pencarian, Lalu Puaskan Maksud Itu – Algoritma mesin pencari disesuaikan untuk memenuhi permintaan pengguna dengan menjawab pertanyaan. Mereka tidak lagi hanya mencocokkan permintaan pencarian dengan kata kunci pada website saja.
  3. Integrasikan Pengalaman Pengguna ke Strategi Kata Kunci Kamu – Semua website diberikan peringkat karena website tersebut memiliki tautan/link ke halaman-halaman lain. Saring keyword yang masuk kedalam database kamu dan buat pengembangan lebih dalam untuk meningkatkan keberadaan/kepercayaan website kamu.

Pada BAB selanjutnya kita akan membahas tentang tentang SEO OnPage, jadi terus ikuti panduan SEO ini hingga selesai agar ilmu/pengetahuan yang kamu dapatkan tidak setengah-setengah.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *