seo-off-page

SEO Off-Page

seo-off-page

Pada BAB sebelumnya kita sudah mempelajari SEO On-Page, jadi kini kita akan membahas tentang SEO Off-page. Lalu apa sebenarnya SEO Off-Page ini? SEO Off-Page adalah strategi optimasi mesin pencari dari luar website (eksternal). Jika On-Page adalah Internal maka Off-page ini eksternal.

Dalam SEO Off-Page, backlinks sangatlah penting. membangun backlinks atau tautan balik untuk SEO Off-Page adalah kualitas bukan kuantitas. Seperti yang kita bahas dalam BAB 2 Cara Kerja Mesin Pencari bahwa google merayapi (crawling) website ke website melalaui links yang ada pada website/konten dengan bot yang bernama googlebot.

Walaupaun algoritma mesin pencarian terus diperbaharui dari tahun ke tahun tetapi SEO Off-Page tetap saja penting. Tetapi berfokus pada backlinks saja dalam optimasi Off-Page adalah sebuah kesalahan.

Disini saya akan memberikan beberapa teknik untuk membantu suksesnya SEO Off-Page terbaru. Mungkin dilain kesempatan saya akan membahas lengkap tentang backlinks. Jadi berikut ini strategi SEO Off-Page yang bisa kamu lakukan:

  1. Backlinks
  2. Sosial Media

Backlinks

Backlink atau tautan balik adalah salah satu poin utama dalam optimasi SEO Off-Page yang sukses. Salah satu tujuan utama SEO Off-Page adalah membangun otoritas website kamu.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membangun backlinks, dimana backliknk tersebut menjadi berharga dimana mesin pencari atau tidak yaitu

  • Tingkat popularitas website rujukan backlink
  • Kecocokan topik antara website
  • Otoritas domain (DA) dan juga otoritas halaman (PA)
  • Follow atau NoFollow

Noted: Untuk tahap lebih lanjut yang tidak kalah penting adalah spam score sumber backlink. Ini nanti akan saya bahas khusus di artikel backlink dilain kesempatan.

Pengertian sederhana dari backlink ini adalah tautan antar link/website yang merujuk ke website kamu baik itu ke artikel, domain, gambar, dan lainnya.

Sosial Media

Saat ini efek dari sosial media terhadap SEO juga sangat penting, ada beberapa alasan mengapa sosial media ini menjadi begitu berharga dalam SEO Off-Page yaitu salah satunya adalah mempercepat proses index halaman/url konten kamu dan juga branding website/bisnis kamu.

Ingat sekarang ini semua orang sudah memiliki sosial media, mungkin termasuk kamu sendiri saat ini juga memiliki beberapa sosial media aktif yang sering kamu gunakan. Jadi mengapa kamu tidak mencoba juga untuk lebih berfokus membangun sosial media kamu untuk bisnis.

Faktor Pendukung Untuk Sukses dalam SEO Off-Page

Sebenarnya 2 cara diatas sudah cukup untuk memulai SEO Off-Page, tetapi ada faktor lain yang bisa membantu kamu untuk sukses dalam SEO Off-Page, yaitu:

  1. Guest Posting –  Ya, cara ini masih begitu ampuh dalam SEO Off-Page, kamu bisa membuat konten umum untuk membangun backlink ke website(moneysite) kamu sendiri, sebagai contoh yaitu platform Medium.
  2. Google My Business – Ini masih sedikit yang tahu, tapi saat ini sudah banyak yang mulai sadar bahwa optomasi Google My Business juga bagian dari SEO Off-Page
  3. Forum – Mungkin saat ini sudah banyak yang berpikir bahwa forum tidak begitu penting, tapi nyatanya forum juga bagus untuk membangun backlink profile. Mulai saja dari forum yang kamu kenal dulu.
  4. Podcast – Mulai menjadi populer dalam optimasi SEO Off-Page saat ini, selain itu juga bagus untuk membangun brand bisnis kamu.
  5. Ulasan – Percaya atau tidak kamu pasti pernah mencoba mencari ulasan tentang apa yang kamu ingin beli, bahkan dari ulasan juga bisa merubah niat seseorang untuk memutuskan jadi beli atau tidak. Jadi Ulasan ini juga bisa kamu manfaatkan sebagai SEO Off-Page tapi tentunya harus kamu sesuaikan dengan bisnis/website kamu.

Kesimpulan

Dalam SEO Off-Page sebenarnya banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk optimasi bisnis/website. Tapi tentu tidak harus semuanya dilakukan, lakukan saja seperlunya. Prioritaskan mana yang penting dan berpengaruh terhadap bisnis ataupun website kamu.

Saya memberikan strategi yang umum dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam SEO Off-Page. Singkat, Padat, dan Jelas.

Pada BAB selanjutnya kita akan membahas tentang konten marketing yang tentunya ini sangat wajib sekali kamu pelajari dan pahami untuk bisnis sukses dalam digital marketing.

Write a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *